AKI-AKI vs SETAN 2-0

By Argi Setyo Margie   Posted at  11:48:00   Inspiration No comments

Dua minggu lalu ustad cerita sesuatu yang bener2 bikin anak2 ngakak jungkir balik dirmh sohib, sampe sekarang masih aja kebayang ceritanya saking kocaknya  Apalagi yg nyeritain aksen betawinya udh kolot bener haha
Cerita berawal dari daerah berpenduduk betawi asli di pinggiran jakarta. Kejadiannya mungkin sekitar tahun 60-70an dimana didaerah situ namanya rumah masih jarang-jarang (letaknya berjauhan. Ada sepasang engkong (aki2, kakek) & enyak (nenek) tinggal disebuah rumah sederhana dekat dengan kali (sungai). Waktu itu langit sudah mulai agak gelap menjelang maghrib dan keadaan jalan becek karena hujan deras yang mengguyur perkampungan sejak siang.
Engkong : "gua jalan dulu yaa neng mau ke mushola sekalian ngaji, udah lama gak ikut ngaji napah jadi kangen bener ini kita sama guru" sahut engkong ke enyak..
Enyak : Laaah jalanan pada becek gitu bang, entar jatoh kagak ada kaen (pakaian) lagi abang bakal solat besok
Engkong : lah emangnya abis kaen??? Ono masih ada kaen bakal tidur sama sarung
Enyak : beda bang itu mah bkn bakal solat
Engkong : ah tapi udh kangen bgt ini kita pgn ketemu guru, gua jalan yaak assalamu'alaikum...
Enyak : iyadah wa'alaikumsalam
'Si engkong jalan kaki menuju mushola, sampe sekitar 100m tiba2 dia.............. gubrak$^#&*#*#*##^@^@&% kepleset terus jatoh. Belepotanlah badan sama pakaiannya. Terus engkong pulang kerumah'
Engkong : "tok, tok, tok" Assalammu'alaikum neng???
Enyak : Wa'alaikumsalam,,,, ya allah bang apa kita kata bener kan jatoh. Dah mandi gih dah sonoh
'Engkong mandi terus langsung memakai kaos & sarung yg biasa dipake buat tidur sehari2. Dan hendak keluar menuju pintu lagi'
Enyak : mau kemana lagi baaang???
Engkong : ke mushola keburu adzan inih
Enyak : yailaaaaah baaang itu kaen timbang itu2nya bang kagak ada lagi situ bakal besok
Engkong : biarin dah ahh, udah tangeh (tanggung) bangat ini pgn ketemu guru
Enyak : eet bang susah bangat dibilanginnya yaak
'Tanpa pikir panjang berangkat lagi deh si engkong dengan gagahnya sambil ngucap salam ke istrinya. Tapi jarak sekitar 200m dari rumah, ehh lagi-lagi si engkong jatoh kepleset karna licinnya jalan. Sambil pegangan pohon si engkong berniat bangun dari jatohnya. Pulanglah lagi engkong kerumah'
Enyak : "tuh kan emang aki2 apa kita kata tadih kejadian lagi kan" enyak dengan nada marah. Mana kagak ada lagi kaen bang
Mandi lagi lah engkong dengan cepatnya. Selesai mandi doi menghampiri istrinya sambil ngomong
Engkong : gua pinjem kaen lu neng yg bakal solat (mukena)???
Enyak : laailaahaillallah ini mah kaen bakal cewe bang masa abang pake. Lah nanti kalo jatoh lagi kagak bisa solat saya besok
Engkong : udah yg besok mah urusan besok neng. Yang penting gua mau ketemu guru inih pgn ngaji. Lagian juga kagak bakalan jatoh lagi
Enyak : "dah ini dah pake sonoh" kata enyak dgn pasrahnya ke engkong
'Lalu si engkong berangkat lagi dgn menggunakan mukena si enyak,,,,,, kali ini jarak engkong dgn mushola tinggal 10 meter. Ehhh buat yg ketiga kalinya engkong hampir kepleset tapi tiba2 ada seorang anak muda (memakai pakaian muslim) menolong engkong sampe akhirnya gak jadi jatoh lagi doi'
Anak muda : pelan2 kong licinn
Engkong : iya tong... makasih yaaak tong nolongin guaa
Anak muda : iya sama2 kong
Engkong : yaudah ayo masuk tong udh ajan
Anak muda : iya duluan kong, saya mah mau pegih ini udah kelar
Engkong : laaah begimana urusannya itu lu udah lengkap bener pake serebetan (pakaian muslim) tong ????
Anak muda : laah saya mah setan kong mau bantuin engkong biar kagak jatoh lagi
Engkong : Haahhh apa lu kata,,,,setan?? Lhaa setan napah baek bener luh nolongin gua barusan. Genengan setan baek ituhh?? "Engkong keheranan
"Akhirnya si anak muda aka setan nyamar itu ngejelasin ke engkong"
Anak muda : jadi ginih kong,, tadi waktu engkong jatoh pertama kali tuh pas berangkat. Itu tuh sama aja ngegugurin dosa2 semua keluarga engkong yg masi idup.
Engkong : laaaah.....
Anak muda : terus waktu engkong jatoh lagi yg kedua, sama aja engkong ngegugurin dosa2 orang2 tua terdahulu engkong yang udah meninggal
Nah terus,,, yang barusan tuh kalo ampe engkong jatoh lagi. Sama aja engkong ngegugurin dosa org2 sekampung sinih kong.
NAH KALO SAMPE KEJADIAN LAGI YA TEKOR SAYA KONG JADI SETAA
N !@#$%^&&*()";=-][}>_?+#~]=<*-=];];-=-=];];]=}=-::]:-;];]"]"]

About Argi Setyo Margie

Blog ini berisi semua hal yang terlintas dari isi kepala seadanya, lalu dituangkan dalam penulisan. In my opinion, hobi yang paling murah didunia ini adalah menulis dan membaca. Terima kasih udah mampir dan semoga bermanfaat....
View all posts by: Argi Setyo Margie

0 komentar:

Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top