Bossanova Jawa (Full Album Volume I, II , III & IV)

By Argi Setyo Margie   Posted at  01:58:00   Music No comments
Musik bossanova dengan lirik berbahasa Jawa? Mengapa tidak? Itu sebuah terobosan baru untuk mengubah stereotype, bahwa lagu-lagu Jawa selalu ada di wilayah campursari, langgam keroncong, dan atau dangdut.

''Kami akan buktikan, bahwa lagu berbahasa jawa bisa dikemas dalam musik bosanova yang selama ini selalu berbahasa latin,'' kata Wandy Gaotama J dari IMC Duta Record, yang sedang menyiapkan album Bossanova Jawa II.

Album semi-jazz yang dikerjakan oleh beberapa musikus Semarang itu, Kamis (9/10) malam besok akan diluncurkan dengan menghadirkan penyanyi jazz Mus Mujiono. Pentas bertitel ''A Mild Octo Jazz'' itu, berlangsung di Kafe Segara, Hotel Graha Santika Semarang, mulai pukul 21.00 WIB.

Disadari, karena bosanova masih bersaudara dengan jazz yang bukan musik industri, maka ia harus berhati-hati memasarkan album itu. ''Ini mengejutkan, di toko-toko kaset, album bosanova Jawa pertama bisa nangkrong di deretan kategori pop-jazz, dan bukan musik tradisional,'' kata Wandy yang selama ini memproduseri penyanyi Didi Kempot tersebut.

Itulah sebabnya, ia tertantang menerbitkan album kedua. Terbosan berani itu dilakukannya sejak 2002, saat ia meluncurkan album Bossanova Jawa I. Pada album ke dua itu, semua lagu masih diambil dari lagu-lagu berbahasa Jawa yang menjadi hit, seperti "Layang Kangen", "Mawar Biru", dan "Gambang Semarang".

Berbeda dengan album pertama yang lebih banyak digarap secara programable, album kedua itu lebih natural; banyak melibatkan musikus yang bermain secara live. Para musikus itu, diambil dari personel band-band ternama di Kota Semarang, seperti dari Progressio, Unieq Band, dan Bud'n Friends.

Jika album itu lebih mementingkan aspek musikalnya, itu karena aranjernya -Hartono- ingin mendekati real bossas. Itulah sebabnya, ada beberapa instrumen musik yang dihadirkan secara live, misalnya gitar, bas, saksofon, dan perkusi. Sementara itu untuk drum, masih mengandalkan program; namun aksentuasi ke rhythm bosanova tetap ada. Operator yang dipegang Totok JBL, sangat berperan.

Pada album ke dua itu, dihadirkan penyanyi Donna, Wening, dan Widya. Sedangkan additional player dihadirkan Anang (bas), Awig (gitar), Rifai (saksofon), dan Bambang Progressio (conga, perkusi).

BossaNova Jawa Volume 1


Tracklist
01 - Terminal Tirtonadi
02 - Keno Godho
03 - Isih Tresno
04 - Janjimu
05 - Tanjung Mas Ninggal Janji
06 - Stasiun Balapan
07 - Lingsir Wengi
08 - Wengi Sepi
09 - Bocah Ndeso
10 - Pupus Tresno

Link download : Bossa Jawa Vol I


BossaNova Jawa Volume 2


Tracklist
01 - Tangise Ati
02 - Layang Kangen
03 - Gambang Semarang
04 - Iklas
05 - Kasmaran
06 - Linggo Tresno
07 - Mawar Biru
08 - Bengawan Solo
09 - Ketaman Asmoro
10 - Getuk
11 - Sebelum Aku Mati
12 - Seto Ohoshi
13 - Borobudur
14 - Pandan Wangi
15 - Pamita

Link download : Bossa Jawa Vol II


BossaNova Jawa Volume 3


Tracklist
01 - Kucung
02 - Nandang Bronto
03 - Walang Kekek
04 - Caping Gunung
05 - Nagih Janji
06 - Wong Cilik
07 - Tanjung Perak
08 - Sewu Kuto
09 - Kusumaningati
10 - Cinta Tak Terpisahkan

Link download : Bossa Jawa Vol III


BossaNova Jawa Volume 4


Tracklist
01 . Alun - Alun Nganjuk
02 . Yeng Ing Tawang
03 . Hat Tanpo Balung
04 . Jaket Iki
05 . Nunut Ngiyup
06 . Gemes
07 . Ojo Sujono
08 . Taman Jurug
09 . Angin Wengi
10 . Cucak Rowo

Link download : Bossa Jawa Vol IV


Silahkan disedot & selamat mendengarkan gan..
Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top