Menikmati Ombak Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng

By Argi Setyo Margie   Posted at  20:23:00   Adventure No comments



Baru aja ngerapihin file2 lawas yang ada di harddisk gak sengaja malah jadi ngeliatin foto2 yang ada didalemnya. Sambil mandangin satu persatu foto akhirnya jadi inget kejadian di waktu dan situasi yang mana waktu kejepret kamera waktu itu, walaupun udah lama tapi gak ada salahnya buat jadi bahan tulisan. Tepat setelah selesai solat ied (idul adha) tahun lalu saya bersama 8 orang teman tongkrongan dan seorang teman seperjuangan dikampus, melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor dari jakarta-jampang kulon selama kurang lebih 8 jam. Yaa kita ber-sepuluh touring ke Pantai Ujung Genteng yang ada di ujung selata kota Sukabumi. Cuma bermodalkan google maps akhirnya sampe juga disana "walaupun pake nyasar juga". Sebelum berangkat saya emang udah janjian sama "Pak Budi" temen kantor yang kebetulan tempat tinggalnya didaerah Surade, Sukabumi. Dia berpesan kalo udah sampe sukabumi minta dikabarin supaya bisa disiapin hidangan sama keluarganya, ahaha senangnya.



Start dimulai jam 9 pagi dari (Pondok Gede) lewat jalur Leuwinanggung-Jl.Raya Bogor-Cibadak-Warungkiara, nah diwarungkiara ini sumber awal nyasarnya. Harusnya ambil jalur lurus dari pertigaan itu eh kita malah ambil jalur kanan yang kearah pelabuhan ratu. Alhasil kurang lebih hampir 2 jam jadi lebih jauh perjalanannya. Tapi gapapalah dari situ saya jadi tau jalur ke Pantai Sawarna, kali aja kapan-kapan kearah situ. Jalur naik-turun ditambah kondisi jalan banyak yang rusak "mungkin skrg udah berubah" jadi tantangan juga buat memacu adrenalin dijalur pelabuhan ratu itu. Sampe-sampe temen ada yang tangannya sampe keram trus sempet kepleset dijalur situ waktu bawa motor, untungnya gak kenapa2 doi . Sampai di rumah Pak Budi sekitar jam 5 sore (Surade), mungkin harusnya bisa lebih cepet kalo aja jalannya bukan hari jum'at dan pake acara nyasar segala,,, hahaha. Mana yang jadi penunjuk jalan saya, kena pula lah candaan ceng2an dari temen2 waktu nyasar. Alhamdulilahnya capek perjalanan kebayar sama sambutan hangatnya keluarga beliau ditambah hidangan yang dikeluarin buat makan bareng-bareng diteras rumahnya. Yang paling inget sampe skrg pedes sambelnya itu, cuma nama sambelnya apa gitu yaa lupa, yang pasti sambelnya orang sunda raos pisaaaan. Selesai ngisi perut yang kosong + kongkow2 sama keluarganya Pak Budi kita putusin buat lanjutin lagi perjalanan ke pantai ujung genteng yang jaraknya bisa ditempuh sekitar 45 menitan dari sana.



Karena kondisi udah malem sampe tkp udah sepi gak ada pengunjung yang maen dipesisir pantainya. Tapi untungnya dapet villa yang lumayan murah (500k-2 kamar gede - 2 hari) dan view nya paling bagus ke arah pantainya. Selesai beberes n bebenah #kayaperawan juga ngecek kondisi motor langsung lah kita bikin api unggun di tepi pantainya sambil nikmatin ombak n suasana angin malemnya ujung genteng, haah bener-bener bisa santai kaya dipantai kaya lagu-lagu ciptaannya Alm. Imanez.


Total dua malem disana cukup puas juga nikmatin pantainya. Dari ombak pantai selatannya yang tinggi sampe 2 meter, nonton bule-bule yang lagi surfing, oiya salah satu yang penting bisa ngerasain ngeliat penyu bertelur secara alami disini. Padahal kirain penyu ngga terlalu gede-gede amat sebelumnya udah gitu lucu kalo dilihat, eh gak taunya pas kepalanya keluar dari tempurung masyaallah kalah gede kepala saya /$%#%^&*( ditambah tatapan matanya sumpah horor. Dan sebagai catatan buat yang mau kesana supaya hati-hati bermain air dipantainya, karena kami dapat kabar dari warga sekitar pantai ini banyak memakan korban tiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka yang menjadi korban karena terseret ombak yang begitu derasnya sehingga terbawa ke laut. Satu lagi yang menggegerkan kita itu, ngga taunya 3 hari setelah kita kesana, ada berita di televisi bahwa ada lagi dua orang yang meninggal karena gulungan ombak pantai ini.






Detail Lokasi : Wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Sukabumi Selatan
                       Jarak Tempuh 220km dari Jakarta dan 120km dari Sukabumi

About Argi Setyo Margie

Blog ini berisi semua hal yang terlintas dari isi kepala seadanya, lalu dituangkan dalam penulisan. In my opinion, hobi yang paling murah didunia ini adalah menulis dan membaca. Terima kasih udah mampir dan semoga bermanfaat....
View all posts by: Argi Setyo Margie

0 komentar:

Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top