Mini Grand Canyon Bogor, Leuwi Liyet

By Argi Setyo Margie   Posted at  06:08:00   Adventure No comments

Ngalong kali ini ngga terlalu jauh dari Jakarta, setelah nyari-nyari info lewat internet dan lewat informasi temen secara dadakan. Akhirnya saya mengajak teman-teman yang memang siap berangkat secara dadakan ini ke mini grand canyon Leuwi Liyet yang ada daerah Sentul. Beningnya air disana yang bikin nafsu saya buat nyeburrrr tergugah,,,,seehh. Gak nyangka gak taunya malah ada sepuluh orang yang mau ikut, padahal ngajakinnya jam dua malem terus jalan startnya abis subuh. Sambil menunggu waktunya berangkat langsung aja mereka menyiapkan motor buat diparkir didepan tongkrongan, yang paling ribet yaa rombongan 3 motor vespa yang kudu dotak-atik ini itu dulu biar gak sering mati dijalan. Selesai subuh langsung lah kita mutusin jadi berangkat, mana keadaan belum pada tidur sebagian..emang dasarnya pada *koplaaaaak . Rutenya dibikin berbeda kalo buat jalan sekarang, yang biasanya ke leuwinanggung kaya biasanya kalo ke puncak. Sekarang kita lewat daerah Jonggol yang saya sendiri belum pernah lewat sana seumur hidup. Alhasil di tengah perjalanan banyak kagetnya karena hampir 70% lewat jalur ini jalannya pada rusak. Target 2 jam udah sampe lokasi pun akhirnya ketunda sampe 3 jam lebih, ditambah lagi banyak razia polisi disepanjang jalan.


Sampe didepan jungle yang terkenal itu hati rasanya udah seneng bener, sadar kalo paling tinggal beberpa kilo udah sampe tujuan. Ehh sialnya karena perkara gak taunya lagi (dadakan) dan kondisi abis hujan lagi-lagi kami kembali bertemu dengan jalan yang rusak, malah ada banyak titik bisa dibilang parah kondisinya ditambah juga sama ada satu jembatan yang keadaannya rusak. Sampe-sampe dari dua arah harus bergantian kendaraan yang mau lewat. Sedikit lagi sampe tujuan kita sempet berhenti buat istirahat sambil cek lagi kondisi motor takut ada yang kenapa-kenapa setelah lewat jalan tadi, sisanya seperti biasa pada jepret-jepret kameranya sambil ngomong "eh fotoin gue dulu dongg".

Selepas itu jalan yang biasa ditemuin seperti jalan yang berliku, naik turun kita lewatin dengan cepat karena cuaca udah mulai mendung. Singkat cerita akhirnya sampai juga di Desa Karang Tengah tempat destinasi kali ini. Di gapura depan tempat masuk ada dua orang bapak-bapak yang memberikan tiket masuk sambil meminta biaya retribusi sebesar Rp 2000,-//motor, biaya yang cukup murah yaa buat kantong. Parkir motor sebentar trus lanjut hiking menuju lokasi, nah ternyata disini ada 3 tempat wisata yaitu leuwi hejo paling bawah, curug barong tengah dan yang paling atas leuwi liyet. Sesuai tujuan awal kita tetep milih leuwi liyet, karena kalo diliat kelihatannya treknya lumayan sulit apalagi keadaaannya becek begini. Sampai disini malah mereka yang tadinya pake sepatu mau gak mau harus melepas sepatunya buat milih berjalan nyeker sambil nentengin sepatu.


Lewatin plang yang bacaannya leuwi liyet arah kanan, sampe juga di mini grand canyon nya Bogor ini. Tapi sayang sekali air biru kehijau2an yang bersih itu sudah berubah menjadi keruh lantaran hujan yang mengguyur daerah Karang Tengah ini berhari-hari lalu...*nyiyiiiiirrrrrrr. Yaa mau gimana lagi yang begini itu tetep harus dinikmatin, lanjut lepas celana dan beresin barang-barang dilanjut langsung nyemplung ke airnya. Rasa dinginnya langsung bikin seger badan yang tadi gerah selama diperjalanan. Disana juga ada satu rombongan dari jakarta yang lebih dulu sampe dan ngasih tau ke kita kalo dibalik bebatuan tempat saya dan temen-temen berendam ada satu curug lagi. Tapi buat menuju kesana harus menaiki bukit kecil yang ada disamping sisi aliran leuwi ini. Sekitar lima menit lewat bukit kecil ini ternyata baru tahu kalo ini yang dibilang leuwi liyetnya. Aliran air dari muara yang diapit dua bebatuan besar yang membuatnya enak dipandang "tapi kalo keadaannya bening". Lumayan lama kita menghabiskan waktu disini apalgi lompat dari batu kali yang gede-gede itu.

     
Dibilang puas ya belum, lain kali rasanya kudu balik lagi kesini buat ngerasain jernih airnya. Sekedar buat catatan buat yang mau kemari, jangan kesini di waktu musim hujan karena sangat menyedihkan dari mulai kondisi jalan dan air keruhnya yang turun dari muara leuwi ini. Juga lebih baik mengendarai sepeda motor dibanding mobil, banyak mobil yang bannya terpelintir di area parkir soalnya masih tanah merah area parkirnya.


Detail Lokasi : Leuwi Liyet, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat





About Argi Setyo Margie

Blog ini berisi semua hal yang terlintas dari isi kepala seadanya, lalu dituangkan dalam penulisan. In my opinion, hobi yang paling murah didunia ini adalah menulis dan membaca. Terima kasih udah mampir dan semoga bermanfaat....
View all posts by: Argi Setyo Margie

0 komentar:

Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top