Pohon Mangga Peninggalan Mbah Kakung

By Argi Setyo Margie   Posted at  11:53:00   Random No comments


Pohon mangga didepan rumah mau ditebang aja mas soalnya pohonnya tambah tinggi & akarnya takut ganggu pondasi rumah, ucap Ibu waktu saya melepas kaos kaki baru pulang kerja. Jadi inget tahun 1997 waktu almarhum mbah kakung megang biji buah mangga trus ditanam beliau sambil ngomong ke saya 'engko sok mben nek kowe wis gede wis berbuah le pohonne'. Jalan beberapa tahun sampe beliau meninggal tahun 2007 kebetulan pohonnya blm berbuah juga. Tapi setelah beliau meninggal keluar juga tuh mangga yg lumayan gede n buahnya manis. Buah pertama yang langsung dikupas Ibu sambil ketawa rada nangis inget almarhum mbah yang nanem buahnya tapi udah gak ada. Kata-kata mbah waktu itu seakan-akan udh kaya kesimpen di memori otak yg bagian paling dalem rasanya, abisnya sampe sekarang masih aja inget momen itu.

Sebetulnya sayang juga kalo ditebang, yaa itu mungkin satu-satunya peninggalan almarhum ke saya yang ditujuin supaya saya dan keluarga bisa inget terus ke beliau. Semua yang terjadi di kehidupan manusia kan emang gak ada yang kebetulan, karena Allah SWT udah ngatur semuanya. Jadi dari kecil mindset saya tuh klo liat pohon mangga pasti inget mbah. Tapi semakin bertambahnya umur, saya semakin mengerti kalo ada poin yang bisa diambil dari maksud Allah, Mbah dan pohon mangga ini. Yaitu supaya saya tidak lupa dan terbiasa selalu mendoakan beliau yang sudah berada di sisi Allah. Sepengetahuan saya kan emang ada 3 amal yang gak putus walaupun org itu udah tidak ada dunia, pertama ilmu yg bermanfaat , dua amal, ketiga doa anak yang soleh. Disini saya juga gak beranggapan kalo diri ini soleh hehe, ya tapi seenggak-enggaknya jika niatnya baik insyaallah bisa kesampean juga tuh doa walaupun bukan orang soleh yg ngelakuin.

Dan ada satu hal lagi yang mesti saya pelajarin dari kisah pohon mangga ini. Tentunya semakin tinggi pohon makin kencanglah angin yang menghajar pohon mangga peninggalan mbah. Kalau akar, dahan dan rantingnya gak kuat atau mengganggu udah pasti roboh dan ditebang pohonnya. Begitu juga keseharian hidup saya yang semakin lama semakin bertambah tua umurnya, walaupun sekarang masih remaja tulen hahaha. Banyak cobaan yang harus dihadepin entah dari sisi moril atau materil. Dan apabila berhasil ngelewatin beberapa cobaan di usia muda ini, saya yakin banyak hal-hal positif yang bisa didapet dari seorang anak muda yang masa kecilnya pernah merasakan kasih sayang dari seorang kakeknya. Kalo emang gak berhasil, mudah-mudahan Tuhan yang diatas sana tidak melupakan seorang pemuda yang telah ditinggal kakek tercintanya yang telah lama meninggal, Huwallahu 'Alam.

Alhamdulillah tadi rumah kedatangan tamu yaitu guru ngaji yg biasanya mengajar saya dan teman2 tiap dua minggu sekali, semoga kedatangan guru ke rumah muridnya membawa berkah bagi kami dan beliau. Ngobrol kesana-kemari ngebahas pengajian, politik sampe istilah cabe2an, terong2an malah sampe terong dicabein, hahaha. Ditengah obrolan guru saya ngasih tau hal yg blm pernah kepikiran didlm otak saya tentang tiga hal yang menjadi penyebab orang mendapatkan musibah. Diantaranya, orang yg suka beribadah itu mendapatnya ujian, orang yang beribadah tapi melakukan maksiat juga mendapatnya cobaan, dan orang yang tdk pernah beribadah mendapatnya azab. Sontak kaget sambil mikir mudah2an aja yang saya alami dan yang akan datang itu cobaan, jadi biar saya termasuk golongan yang kedua minimal. Kalo golongan pertama udah jelas hanya orang2 yg betul2 taat beribadah, yang kedua masih manusiawi lah buat orang normal apalagi anak muda, tapi yang ketiga bener2 ngeri dengernya. Semoga Allah SWT jika memberi hamba musibah yaitu karena cobaan bukan karena azab akibat kelakuan-kelakuan buruk hidup hamba didunia, Amiin...

About Argi Setyo Margie

Blog ini berisi semua hal yang terlintas dari isi kepala seadanya, lalu dituangkan dalam penulisan. In my opinion, hobi yang paling murah didunia ini adalah menulis dan membaca. Terima kasih udah mampir dan semoga bermanfaat....
View all posts by: Argi Setyo Margie

0 komentar:

Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top